Seputar Properti
Tetap Hemat Ketika Renovasi Rumah Dengan Tips Ini!

Tetap Hemat Ketika Renovasi Rumah Dengan Tips Ini!

Berita Terbaru – Setiap orang pasti ingin mempunyai rumah yang nyaman. Akan tetapi nyaman disini bisa diartikan banyak atau luas, misalnya rumah yang terlihat mewah atau mungkin desain yan unik. Nah sayangnya masih banyak orang yang belum mencapai kenyamanan tersebut. Jika sedang dalam kondisi seperti itu, merenovasi rumah merupakan salah satu jawabannya.

Namun merenovasi rumah bukanlah hal yang mudah, banyak hal yang harus diperhatikan, karena untuk merenovasi rumah membutuhkan perencanaan yang matang, jika tidak biaya untuk renovasi biasanya akan membengkak. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk merenovasi rumah, berikut beberapa tips menghemat uang saat merenovasi rumah.

Tentukan konsep renovasi rumah dengan cermat

Ditahap ini kamu harus menentukan bagian rumah mana yang ingin kita renovasi atau perbaiki. Lalu tentukan juga bagaimana desainnya, apakah kita akan memakai kembali material lama atau tidak. Jika ingin memakai material lama tentunya harus dibongkar dengan hati-hati supaya tidak mengalami kerusakan. Nah untuk menentukan desain berguna supaya hasilnya nanti bisa sesuai dengan apa yang diharapkan. Karena kalau hasilnya tidak sesuai, kita harus bongkar biayanya lebih mahal. Mengetahui konsep dengan cermat juga membantu pembangun bekerja lebih cepat.

Tentukan bahan bangunan dengan baik

Jika memang dana kita terbatas, carilah bahan yang lebih murah dengan kualitas sedang. Bahan merupakan pengeluaran paling mahal saat merenovasi rumah. Namun ada beberapa bagian dalam renovasi rumah anda yang tidak dapat anda kompromi dalam masalah harga dan kualitas. Pada bagian tersebut anda harus menggunakan material yang berkualitas dengan harga yang lebih tinggi. Seperti pada pondasi rumah, pipa air yang ditanam, struktur bangunan , rangka atap.

Bisa dibayangkan jika terjadi kebocoran atau kerusakan pada bagian tersebut, tentunya kita harus membongkar lagi yang artinya kita perlu mengeluarkan uang lebih. Untuk cat eksterior juga disarankan memakai kualitas yang baik. Hal ini dikarenakan bagian luar rumah idealnya akan selalu terkena hujan, terik matahari atau udara yang lembab. Tentukan bagian mana yang paling mendesak yang ingin Anda renovasi. Contohnya saja kondisi taman rumah yang sudah berantakan dan perlu adanya penyegaran.

Sesuaikan juga dengan budget Anda. Jangan terlalu memaksa untuk menjadi sempurna. Misalnya, cukup ganti rumput dulu dengan sedikit jalur ekstra. Ini saja memberikan tampilan yang berbeda. Jika ada anggaran ekstra, tambahkan saja tanaman yang Anda impikan. Apakah Anda masih memiliki anggaran berlebih? Cat ulang pagar atau dinding depan rumah Anda, lalu poles kembali bagian kayu yang sudah mulai pudar.

Teras belakang

Jika Anda ingin merenovasi teras belakang rumah Anda, Anda tinggal memberi karpet dari bahan apa saja dan menambahkan bantal besar, yang dapat Anda beli paketnya secara online. Jadi, menjamu tamu tidak hanya di ruang tamu, bukan?

Pilih metode pembayaran

Cara pembayaran bagi pengrajin pada umumnya terbagi dua yaitu borongan dan harian. Jika memang kita sudah yakin akan renovasi apa saja yang akan direnovasi dan konsep renovasi rumah sudah kita ketahui dengan cermat, maka lebih baik kita menggunakan sistem borongan. Sebaliknya, jika konsep renovasi kita tidak jelas, kita dapat membayar tukang setiap hari.

Pilih waktu yang tepat untuk renovasi rumah

Renovasi rumah sebaiknya tidak dilakukan saat musim hujan, karena pada musim ini para pekerja yang mengerjakannya bisa mengalami kesulitan. Selain itu pada bagian yang berada di luar ruangan tentu lebih sulit untuk dikeringkan bahkan bisa menjadi rusak. Untuk pengecatan luar ruangan jika ada tanah kering siram dulu agar tidak menjadi yang bisa menempel di tembok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *