Manfaat Gula Aren

Banyak manfaat yang bisa kita rasakan ketika menikmati hidangan penutup yang manis dan sehat ini. Dari menjaga sistem pencernaan yang sehat dan meningkatkan kekebalan hingga membantu wanita mengatasi rasa sakit yang sering terjadi saat menstruasi.

Berikut adalah manfaat dari gula merah utuh.

  1. Baik untuk pencernaan
    Banyak orang mungkin tidak tahu bahwa warna coklat dari gula merah mengandung serat yang baik untuk kesehatan. Serat ini memiliki potensi untuk mempromosikan pertumbuhan bakteri di usus yang dapat mengatasi sembelit dan bahkan mencegah kanker usus besar.

Nah, bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan atau masalah, tampaknya kombinasi gula merah dan makanan lain yang kaya serat lainnya dapat menjadi solusi alami untuk dicoba.

  1. Menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh
    Tubuh kita pasti membutuhkan elektrolit untuk menjaga sel-sel dalam tubuh sehingga mereka dapat berjalan sebagaimana mestinya. Ketika tubuh banyak berkeringat atau mengandung banyak urin, keseimbangan elektrolit dalam tubuh akan terguncang.

Berita baiknya, karena mengandung kalium, magnesium, dan natrium, manfaat gula merah dapat diandalkan untuk mengembalikan kadar elektrolit yang hilang dari tubuh. Dengan menjaga keseimbangan elektrolit, ini berarti kita menjaga tubuh dalam kondisi sempurna.

  1. Pencegahan anemia
    Manfaat gula merah berikut ini diisi dengan kandungan zat besinya. Seperti kita ketahui, kekurangan zat besi dapat menyebabkan masalah kesehatan, salah satunya adalah anemia.

Karena itu, cobalah mengonsumsi gula merah dengan makanan lain yang kaya vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Jika Anda menginginkan sumber zat besi yang lebih tinggi, Anda bisa makan daging merah, sayuran hijau atau kacang-kacangan.

  1. Membantu menjaga kesehatan jantung
    Banyak manfaat gula merah yang mungkin mengejutkan pada yang satu ini. Namun, gula merah telah terbukti mengandung asam amino non-esensial seperti glutamin yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan fungsi otak.

Meskipun tubuh dapat memproduksi glutamin, kadang-kadang tubuh masih perlu mengambil glutamin dari luar tubuh. Karena itu, cobalah untuk memenuhi asupan glutamin Anda dengan mengonsumsi gula merah dengan sumber nutrisi yang kaya akan asam amino esensial dan zat yang tidak perlu lainnya.

  1. Membantu mengatasi asma
    Untuk pasien asma, nampaknya manfaat gula merah dapat dibuktikan dengan mengkonsumsinya secara teratur sebagai obat alami.

Gula merah memiliki sifat anti-alergi yang menjadikannya obat alami untuk asma. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa penderita asma mengkonsumsi gula merah untuk mencegah atau membatasi frekuensi asma. Bagaimana, tertarik mencobanya?

  1. Penguat energi
    Saat melakukan aktivitas berat atau bepergian cukup lama, tubuh tentu saja akan lemah karena kekurangan energi. Untuk memulihkan energi yang terkuras, cobalah memilih manisnya manfaat gula merah daripada ini.

Gula merah dapat digunakan sebagai penambah energi ketika tubuh berliku, karena setiap sendok teh gula merah mengandung sekitar 16 kalori dan 4 gram karbohidrat. Selain memiliki vitamin B yang dibutuhkan untuk mengubah makanan menjadi energi, pembuatan gula merah juga layak dipertimbangkan sebagai sumber energi alternatif.

  1. Meningkatkan kekebalan
    Siapa sangka, gula merah ternyata penuh antioksidan yang bisa menangkal efek berbahaya radikal bebas dengan kemampuan menjaga kekebalan tubuh.

Ketika musim penularan atau polusi udara sering tercemar, sistem kekebalan tubuh cenderung menurun. Untuk mengatasinya, kita bisa menambah asupan makanan kaya antioksidan.

Menikmati teh hijau dengan campuran gula merah sebagai pemanis alami tampaknya menjadi salah satu cara sederhana yang harus kita coba untuk mempertahankan kekebalan sementara itu dapat diterapkan sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

  1. Meredakan nyeri haid
    Bagi banyak wanita, rasa sakit saat menstruasi atau menstruasi menjadi hantu yang menakutkan. Bagaimana tidak, rasa sakit atau sakitnya terasa sangat kecewa, bahkan terkadang emosi menjadi meledak atau sulit dikendalikan.

Sekarang, sampai rasa sakitnya mereda dengan segera, cobalah membuat campuran gula merah dan kunyit. Kombinasi keduanya mampu meredakan kontraksi pada otot-otot dinding rahim yang mengencang saat menstruasi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>