Makanan Khas Maluku

Maluku terdiri dari sekelompok pulau di lempeng Australia. Pada zaman kuno, orang Eropa menyebut Maluku sebagai “pulau rempah-rempah” karena Maluku adalah penghasil rempah-rempah terbaik, seperti cengkeh dan pala.

Selain kekayaan peternakannya, Maluku terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah karena makanan khas Maluku lebih banyak digunakan daripada bahan utama dalam bentuk ikan laut.

Ketika berbicara tentang Maluku, orang-orang yang hidup memiliki makanan pokok berbeda dengan orang-orang yang tidak di Indonesia bagian timur. Jika sebagian besar penduduk Jawa, misalnya, menjadikan beras sebagai makanan pokok, Maluku menjadikan sagu sebagai makanan pokok.

Namun, Maluku tetap mempertahankan kekayaan kuliner yang bisa membuat semua orang jatuh cinta. Di antara banyak daftar kuliner yang tersedia, Disini kami telah memilih serangkaian makanan royalti terbaik yang disukai wisatawan.

Papeda

Papeda adalah makanan Maluku yang sangat dicintai masyarakat. Makanan ini bahkan menjadi simbol kuliner Maluku yang patut dicoba oleh mereka yang berkunjung ke Manis. Makanan paus khusus ini populer di Maluku dan Papua. Papeda adalah makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu olahan untuk mengubah bentuk menjadi bubur yang kental dan lengket.

Papeda memiliki warna putih dengan rasa segar. Makanan ini biasanya disajikan bersama tuna atau arang yang diberi bumbu kunyit. Papeda mengandung banyak serat, rendah kalori, dan menyimpan nutrisi yang cukup. Pada saat disajikan, papaeda harus dituang ke atas piring menggunakan sepasang sumpit. Cara mengambil papeda yang sedemikian unik kadang-kadang sangat penasaran bagi pengunjung yang datang ke Maluku.

Kasbi Komplet

Di Pulau Molokas, pulau ini terkenal dengan makanan pokoknya, yang bukan beras atau nasi, tetapi jenis karbohidrat lain, seperti papeda berbasis sagu. Selain sagu, Maluku juga mengandung makanan khusus yang terbuat dari karbohidrat selain nasi, yaitu singkong atau singkong. Kasbi juga memiliki cita rasa seperti Pappeda. Karena rasanya yang rasanya, Caspian sering disajikan berdampingan dengan menu pelengkap lainnya.

Caspi disajikan dengan lauk pauk yang disebut casi penuh. Singkong utuh terbuat dari singkong rebus, ubi rebus atau talas rebus dengan iringan gulungan seperti tumis pepaya panggang yang digoreng dengan minyak, ikan bakar diasinkan, sayur jantung pisang, pisang dan Puri Coho Korea. Tomat Kasbi juga enak jika disajikan hanya dengan colo colo atau maluku sambal.

Gohu Ikan

Tidak hanya Korea dan Jepang yang memasak dalam bentuk ikan mentah. Di Indonesia, khususnya Maluku, ada juga makanan khusus yang terbuat dari daging ikan mentah. Di Maluku utara, terutama Ternate, makanan berbasis ikan mentah yang disebut ikan gohu dapat ditemukan.

Ikan Gohu adalah makanan khas Maluku yang menyerupai sashimi Jepang. Nama makanan ini [ikan gohu] sudah ada dalam satu paket, jadi jika seseorang mencarinya, nama lengkap makanan ini harus disebutkan.

Ikan yang biasa digunakan adalah tuna atau cakalang yang disajikan dalam kondisi mentah. Membuat ikan gohu sangat sederhana dan mudah. Pertama, potong daging ikan, cuci, lalu olesi dengan garam dan asam lemon.

Setelah itu, tambahkan daun kemangi dan biarkan adonan selama beberapa saat. Untuk menambah nafsu makan, orang-orang dari Ternate biasanya menambahkan bumbu goreng dalam bentuk daun bawang, cabai cincang, cincang dengan campuran ikan lalu disajikan.

Nah itulah ke 3 makanan khas Maluku, kalau kamu ingin mengetahui makanan khas Nusantara, kamu bisa loh melihatnya di gopensil.com, disana tersedia banyak sekali artikel tentang hal yang membahas makanan.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>