Makanan Pengganti Nasi

7 Makanan Pengganti Nasi

Orang-orang di dua daerah ini mengkonsumsi sagu sebagai makanan pokok karena kedua daerah tersebut sudah kaya akan tanaman sagu.
Cara mengobati: Untuk panen sagu, usia sagu harus 3-5 tahun.

Sagu akan dipotong siap dipanen dan ditekan menjadi umbi untuk mendapatkan ekstrak pati yang menghasilkan tepung sagu. Sagu memperlakukannya seperti lem. Papeda adalah “beras” bagi masyarakat Maluku dan Papua.

Teman-teman yang makan pepaya biasanya memiliki kaldu kuning dan sayuran ganimo, yang merupakan daun millengo kecil yang digoreng dengan pepaya kecil dan paprika merah. Dikatakan bahwa makan geng untuk mencegah malaria.

1. singkong “Cedar” di Desa Cireundeu, Cimahi, Jawa Barat

Singkong tumbuh subur di Desa Cireundeu. Sehingga masyarakat di wilayah ini menjadikan singkong sebagai makanan utama mereka. Mereka memperlakukan singkong menjadi tepung beras atau singkong.
Cara mengobati: sobek singkong, dan tekan parut. Kemudian ampas dikeringkan di bawah sinar matahari hingga kering dan kemudian berubah menjadi tepung. Untuk memakannya, tepung singkong diberi air dan dikukus. Nasi singkong siap dimakan dengan lauk

2. Sakelan di Desa Sigedong, Temanggung, Jawa Timur

Sigedong menjadikan jagung atau beras tengkorak sebagai makanan pokok, seperti nasi di masyarakat lain. Jika ada istilah yang tidak makan jika Anda tidak makan nasi, seperti orang Sejedong, mereka tidak merasa bahwa mereka makan jika mereka tidak makan nasi jagung.

Bahkan bagi mereka, beras jagung lebih kuat dari beras, selain lebih tahan lama.
Metode pengolahan: Jagung terlebih dahulu dikeringkan di bawah sinar matahari. Karena daerah pegunungan ini memiliki hujan lebat, penduduk Sigedong punya cara sendiri untuk mengeringkan jagung.

Mereka yang masih menggunakan kompor kayu untuk memasak, menyimpan tanaman jagung di atas kompor di tempat khusus yang mereka buat. Setiap kali mereka memasak, asap dari kayu menguap di atas kompor dan jagung dan mengeringkannya.

Jagung kering, biji diambil dan kemudian ditumbuk. Kemudian biji jagung direndam selama tiga hari, lalu ditumbuk lagi sampai menjadi lunak dan halus di tepung jagung, yang oleh orang-orang Sigidong menyebutnya sakylan. Untuk konsumsi, rebus glasir dengan air hangat dan kemudian kukus.

3. Gembili di Suku Kanum, Merauke

Suku Kanum Marwak, yang mendiami Taman Nasional Asur dan Gambili, telah dikonsumsi sebagai makanan pokok selama beberapa generasi. Sistem budidaya gembili dikombinasikan dengan kehidupan suku Kanum karena memiliki nilai budaya yang tinggi, bertindak sebagai mas kawin dan sebagai pelengkap perayaan tradisional.

Bahkan tanpa gembili, dikatakan bahwa suku Kanum tidak dapat menikah. Jadi, budidaya suku gembili kannum adalah suatu keharusan.
Metode pengobatan: Meriam Gembili dikonsumsi dengan cara sederhana, hanya direbus atau dibakar.

Di sana panen gembili disimpan di sebuah rumah kecil yang terbuat dari bambu dan atapnya dengan kulit kayu, disebut mengater. Gembili disimpan di rumah pribadi untuk menghindari sinar matahari langsung.

4. Jamawut di Biak Numfor

Jamawut adalah sejenis tanaman serelia. Di strain Numfor tanaman ini sangat subur, dengan nama lokal Pokem. Untuk komunitas Biak Numfor, jamawut telah digunakan sebagai makanan pokok dan komoditas tradisional selama berabad-abad.

Cara mengobati: Pokem biasanya ditangani oleh penduduk setempat di bubur yang dikonsumsi oleh banyak wanita hamil dan anak-anak.

5. Ubi jalar di suku Danny, Limba Palm, Jayaoia

Danny makan ubi sebagai makanan pokok. Mereka menyebutnya ubi jalar berlebihan.
Cara mengatasinya: mereka hanya makan ubi dengan roti kukus dan dipanggang.

Ubi jalar dari Palim berbeda dari daerah lain. Dengan ukurannya yang besar, ubi Paleum adalah salah satu spesies raksasa. Ini bisa mencapai 2 meter dengan diameter 30 cm dan beratnya mencapai 15 kg. Ubi jalar ini bisa ditanam di ketinggian 2.700 meter. Banyak penduduk tinggal di Lembah Tinggi.

6. pisang di Afrika Selatan

Jika kita mengkonsumsi pisang sebagai buah, ini berbeda di Afrika. Di sana, pisang menjadi makanan pokok. Bahkan di Afrika, pisang diproses menjadi tepung.
Metode pengolahan: Pisang dijemur hingga kering. Kemudian tumbuk atau ditumbuk tepung. Tepung pisang dikonsumsi dengan membuat bubur, roti, kue dan adonan panggang.

7. Jagung di Meksiko

Meksiko kaya akan jagung. Bahkan, ada sekitar 209 varietas jagung di negara ini. Sehingga jagung menjadi makanan utama di tanah air.

Sekitar 3,2 juta petani Meksiko menanam jagung dan kebanyakan dari mereka menggunakannya untuk konsumsi keluarga.

Sorgum jenis ini adalah yang paling banyak dikonsumsi oleh manusia.
Cara mengolah: Tepung jagung adalah makanan pokok dari banyak makanan Meksiko. Semua inidilansir dari Bukabukumu.com.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>